Thursday, December 3, 2009

Tentang google wave



Apa itu google wave?

Apa itu google wave? pasti sebagian besar orang yang tidak tahu tentang google wave, jadi saya ingin menjelaskan apa yang saya ketahui tentang google wave. Google Wave dasarnya memiliki beberapa fitur yang sangat inovatif menyebutnya sebagai real-time platform komunikasi. Software ini akan menggabungkan aspek email, olahpesan cepat, wiki, web chatting, jaringan sosial, dan manajemen proyek dalam kemasan dalam bentuk platform 1 dan membuat klien browser komunikasi. Kasar Anda bisa membawa teman atau kelompok usaha bersama pasangan Anda untuk mendiskusikan apa yang terjadi dan Anda juga dapat membuat file sharing. Beberapa fitur-fitur teknis terdiri dari:


* Real-time: dalam segala hal, anda dapat melihat apa yang sedang orang lain ketik dari karakter per karakter, bukan hanya melihat pesan “si a sedang typing”.
* Embeddability: Waves dapat di embedded ke blog atau website.
* Applications and Extensions: Sama seperti halnya dengan Facebook ataupun iGoogle gadget, developers dapat membuat apps nya sendiri untuk wave. Dan ini tidak terbatas, dapat berupa bots ataupun complex real-time game.
* Wiki functionality: Semua yang ditulis didalam Google Wave dapat di edit oleh orang lain karena semua conversation diantara masing masing statusnya shared. Sehingga anda dapat memperbaiki informasi menambahkan informasi bahkan menambahkan komentar anda sendiri saat membangun konversation.
* Open source: Google Wave akan diberikan secara open source, untuk mempercepat inovasi dan adaptasi para developer.
* Playback: Anda dapat melakukan playback pada bagian manapun didalam wave untuk melihat step pembicaraan.
* Natural language: Google Wave dapat melakukan autocorrect pada spelling, bahkan dapat mengetahui perbedaan antara kata yang mirip seperti, “been” dan “bean.” dan ini dapat juga berfungsi untuk auto-translate on-the-fly.
* Drag-and-drop file sharing: Tidak memerlukan attachment; anda dapat langsung men drag file anda dan drop kedalam Google Wave dan lainya akan dapat mengakses.

Ini adalah sebagian dari Google Wave, karena penggunaanya sangat mudah, ini tentu saja akan menarik banyak perhatian orang.



Sejarahnya Google Wave

Google Wave ini dibuat oleh team Google yang berada di Sydney, Australia. Team intinya terdiri dari 2 bersaudara, yaitu Jens dan Lars Rasmussen, dan lead project manager dipimpin oleh Stephanie Hannon, semua itu adalah team inti dari development Google Map yang sangat canggih itu. Google Wave pertama kali diumumkan saat diadakanya acara Google I/O Developer conference, yang belum tersedia untuk public untuk beberapa bulan kedepan.



Google Wave bisa dianalogikan sebagai layer dasar atau pondasi sebuah platform yang didalamnya terdapat beberapa ruang plaform yang telah diatur sedemikian rupa, ada beberapa definisi dari Google untuk memahami communication platform ini. Untuk itu mungkin anda perlu mengetahui beberapa term berikut ini untuk memahami lebih teknis mengenai proyek Google terbaru ini.


* Wave: Wave, secara spesifik adalah bentuk dari thread conversation. Ini dapat memuat satu orang, atau pun sebuah group dari users atau bahkan robot (akan di jelaskan nanti). Cara termudah untuk memahaminya adalah Wave mirip sekali seperti histori pada IM (Instant Messaging) anda saat anda chat dengan seseorang. Apapun yang sedang anda diskusikan dalam bentuk single chat atau conversation itu adalah wave.
* Wavelet: Wavelet juga termasuk dalam thread conversation, namun ini hanyalah sebuah subset dari semua pembicaraan (atau wave). Misalnya dalam single IM conversation - bagian kecil dari total pembicaraan dalam history chat anda. Wavelets bersifat konsisten dapat di buat dan diatur langsung dan terpisah dari wave.
* Blip: Ini adalah bagian yang lebih kecil lagi dari Wavelet, Blip adalah sebuah pesan, dalam sebuah wavelet. ini sama dengan 1 baris kalimat saat anda sedang melakukan pembicaraan melalui IM. Blips dapat memuat blips lainya yang disebut dengan children. Sebagai tambahan blips juga dapat bersifat published ataupun unpublished (Jadi ini akan seperti ketika anda sedang mengetik pesan melalui IM namun anda belum mengeirimkanya).
* Document: Document adalah sebuah konten yang terdapat didalam blip. Ini dapat berarti sebuah karakter aktual, kata ataupun sebuah file yang di asosiasikan oleh blip.
* Extension: Extension adalah sebuah mini-application yang dapat bekerja diantara wave. Jadi ini adalah apps yang dapat anda kostumasi saat anda menggunakan Wave. Ada 2 jenis Apps yang tersedia yaitu extenison: Gadget dan Robot.
* Gadgets: Gadget adalah sebuah aplikasi khusus untuk user yang ingin berpartisipasi, yang nantinya akan di manfaatkan dari Google OpenSocial platform. Sebagai analogi ini akan seperti iGoogle gadgets ataupun Facebook application.
* Robots: Robots adalah sebuah auto partisipan diantara wave. Mereka dapat berinteraksi dengan user dan wave. Mereka dapat memberikan informasi dari sumber eksternal seperti Twitter atau mereka dapat memeriksa content diantara wave dan melakukan aksi dari konten tersebut (Misalnya membeli saham jika anda menemukan nilai saham tertentu sudah tercapai ).
* Embeded Wave: Embeded wave adalah sebuah cara Google Wave berkomunikasi dengan website ataupun blog anda. User dapat menggunakanya sebagai chatroom atau media lain untuk menghubungi anda bahkan lebih dari itu.
Untuk penjelasan yang lebih teknisnya, anda dapat kunjungi Wave Gadget Tutorial:

Bagaimana apakah kalian tertarik?


Share |

4 comments:

mas doyok on December 3, 2009 at 9:49 PM said...

info yg sangat menarik
perlu saya datengi langsung nih tubir :D

sip dah

Aditx on December 3, 2009 at 9:53 PM said...

Saya juga sempet nyarik nih artikel nggak tahunya dapet dari rekan blogger

thnks yah ???

tubir on December 3, 2009 at 9:56 PM said...

@mas doyook.... thankk mas.. masih newbi...

@aditx .... niee tadii gi dapet ide... dapat infoo dari teman langsung anee posting aja

Gotblogger on December 4, 2009 at 8:29 PM said...

makin mantap aja google... jadi makin cinta syaa tapi tar yang lain makin tersingkir donk ..

Post a Comment

 

Social bookmark

Free Automatic Backlink BlogRankers.com
Bookmark and Share
Add



International Link Exchange

Business Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Internet Blogs
GoLedy.com
DigNow.net
Personal Blogs - Blog Rankings
Business blogs
TopOfBlogs
Internet Marketing & SEO (Blogs) - TOP.ORG
Internet
Hihera.com Blog Directory & Search engine
Free Search Engine Submission
Free Search Engine Submission
Search Engine Submission - AddMe
Search Engine Optimization and SEO Tools

TUBIR Copyright © 2009 Community is Designed by Bie