Monday, November 16, 2009

Tetua Suku Maya: Tahun 2012 Bukan Hari Kiamat

Seorang tetua dari Suku Maya, Apolinario Chile Pixtun kerap diberikan pertanyaan bertubi-tubi seputar 'Kiamat 2012" dimana menurut kalender Maya pada 21/12/2012 dunia akan berakhir. Namun, dengan tegas dia menepis pernyataan tersebut.

Melansir pemberitaan Association Press, Selasa (13/10) diberitakan, tetua dari suku Maya ini merasa gerah dengan pernyataan tersebut. Terlebih-lebih dengan bakal munculnya film buatan Hollywood "2012" yang menggambarkan berbagai bencana menghantam Bumi termasuk gempa besar, meteor dan tsunami.


Chile Pixtun yang keturunan suku Maya Guatemala menegaskan, sejumlah teori terkait peristiwa 2012 itu adalah pernyataan yang dilontarkan orang Barat sendiri dan bukan dari suku Maya. Dia membenarkan bahwa menurut suku Maya, perhitungan kalender akan berakhir pada 21/12/2012. Akan tetapi, itu bukanlah akhir dari segala-galanya.

Nada serupa juga dilontarkan Jose Huchim, arkeolog Yucatan Maya, "Sewaktu saya pergi ke sejumlah komunitas suku Maya dan bertanya kepada mereka apa yang akan terjadi pada tahun 2012, mereka sama sekali tidak tahu. Kemudian, ketika saya menyatakan bahwa dunia akan kiamat. Mereka tidak memercayainya."

Peradaban Maya yang tercatat dari tahun 300 Masehi hingga 900 Masehi memiliki kemampuan astronomi yang luar biasa. Kalender mereka dimulai dari tahun 3114 SM menandai periode 394 tahun yang dikenal dengan nama Baktun. Angka 13 dianggap sakral oleh suku ini dan Baktun ke-13 berakhir sekitar 21 Desember 2012.

Selain itu tahun 3114 SM juga dianggap tahun yang akurat. Sebab, pada tanggal 13 Agustus 3113 Sebelum Masehi (SM) secara tepat dan akurat dikatakan sebagai awal dari peradaban manusia di bumi. Karena diperkirakan Dinasti Mesir I tercatat kira-kira pada 3100 SM, dan kota pertama, Uruk, di Mesopotamia, juga berdiri sekitar tahun 3100 SM. Angka ini juga bersamaan dengan berdirinya kerajaan Hindu Kali Yuga.

Dan yang paling menarik adalah, pembagian waktu menjadi 24 jam dari setiap 60 menit dan setiap menit menjadi 60 detik, termasuk satu buah lingkaran penuh adalah 360 derajat, juga ditemukan kira-kira 3100 SM, di Sumeria.


David Stuart, spesialis epigrafi Maya di University of Texas mengungkapkan, "Tanggal 21 Desember 2012 adalah peringatan penciptaan khusus. Suku Maya tidak pernah mengatakan dunia akan berakhir pada masa itu. Mereka juga tidak mengatakan hal-hal buruk atau bencana yang bakal terjadi pada hari itu. Mereka hanya mencatat peringatan Monumen Enam."


sumber: sumber

Share |

12 comments:

Rihar Diana(dhana) on November 16, 2009 at 11:18 PM said...

salam sahabat
wah gecar 2012 he..he..suku maya memang budaya yang tulen dan sangat kental.good posting thnxs n good luck ya

tubir on November 17, 2009 at 5:42 PM said...

Thankk buat Rihar... untukk komentnya.. iya broww...

belajar ngenet on November 18, 2009 at 1:26 AM said...

andai ramalannya benar,

semoga salatiga ini tetep adem ayem aj, gak terjadi ap2, jadi kan kita masih bisa makan nasi kucing di pancasila di tahun 2012 nanti

hehehehe

tubir on November 18, 2009 at 8:00 PM said...

bener juga ya brow Ucil.....biar isa kucingan trus..xexexexeexexeeee kalau akuu batagore ae lahh. Oh ya tadi malem ada kopdar brow di jangkungan
mauu ngubungi entee gakk tau... isa krim no hp gak brow... nanti tak hubungi .. biar tambah orang untuk bangun komunitas blogger salatiga

Pit-Onta™ a.k.a kAnzENk™ on November 20, 2009 at 8:39 PM said...

wah ini nih yang lucu, film 2012 sendiri oleh kalangan yahudi diketawain, karena dalam kitab suci yahudi sendiri ga ada yg tau kapan kiamat terjadi....

btw, ok deh postingannya mantaf...

secangkir teh dan sekerat roti on November 23, 2009 at 5:25 AM said...

oo ya setuju banget...!

saya yakin, kiamat sudah ada yang menentukan..

Abi on November 23, 2009 at 7:55 PM said...

Insha Allah tidak akan terjadi apa2x pada tahun itu karena biar gimanapun isu ini benar-benar menakutkan banyak orang

tubir on November 23, 2009 at 10:16 PM said...

Pit-onta@ sama akuu juga ngekekkkk liatnya gakk nalar gituu.....

Secangkir@ Abi@ betulll pastiii sudah ada yang menentukan kapan itu kita tidak tau

mas doyok on November 25, 2009 at 7:58 PM said...

wah masih hangat ya info ini
saya cuma bisa berusaha nambah amal aja deh :D

tubir on November 26, 2009 at 2:14 AM said...

iya nie... thankk buat amal komentnya... hehehee

manshurzikri on November 30, 2009 at 9:00 AM said...

nice post, Bos!
:)

jola76 on December 2, 2009 at 8:33 AM said...

berarti trik biar supaya filmnya laris aja tuh...

Post a Comment

 

Social bookmark

Free Automatic Backlink BlogRankers.com
Bookmark and Share
Add



International Link Exchange

Business Blogs - BlogCatalog Blog Directory
Internet Blogs
GoLedy.com
DigNow.net
Personal Blogs - Blog Rankings
Business blogs
TopOfBlogs
Internet Marketing & SEO (Blogs) - TOP.ORG
Internet
Hihera.com Blog Directory & Search engine
Free Search Engine Submission
Free Search Engine Submission
Search Engine Submission - AddMe
Search Engine Optimization and SEO Tools

TUBIR Copyright © 2009 Community is Designed by Bie